Hikmah Dibalik Covid-19

HIKMAH DIBALIK COVID-19

Setidaknya kita jadi ingat dahsyatnya kematian yang sering kita lupakan. Kita terlalu lalai dengan gemerlapnya kehidupan dunia, padahal ajal setiap detik mengintai kita.
Kematian itu sesuatu yang pasti, hanya saja berbeda…..

Berapa banyak pakar dan orang-orang pintar dibuat tak berdaya dengan virus ini.
Ekonomi hancur dan tatanan sosial renggang.
Selama ini kita selalu mengandalkan kehebatan diri kita, lupa ada Dzat Yang Maha atas segalanya….

Beberapa waktu kita juga sering lalai dengan perintah agama tentang agar selalu menjaga kebersihan diri, lingkungan dan kesucian hati. Kini kita sadar, betapa perintah Nabi tentang menjaga kebersihan itu sangat penting, bahkan kita lupa bahwa :
Kebersihan itu adalah bagian dari IMAN

Mungkin sudah berapa lama kita tidak duduk berkumpul bersama anak dan istri, tidak bertegur sapa atau bersenda gurau. Kini… seakan-akan kita dipaksa oleh COVID-19 untuk meliburkan diri sejenak dari bergelut dengan dunia yang tiada ujungnya dan menghabiskan waktu bersama keluarga dirumah bersama anak dan istri.

Mungkin ada SUAMI yang lupa memberikan perhatian dan tanggung jawab kepada ISTRINYA. Atau ada ISTRI yang lupa akan haknya sebagai ISTRI, maka kesempatan beberapa hari inilah untuk saling menyayangi dan berkasih. Mengeratkan hubungan yang sempat renggang sekian lama.

Sebelum ini, mungkin kita lupa dengan hak-hak berteman dan bertetangga karena sibuk dengan urusan kita masing-masing.
Kini, seakan-akan Alloh mengajarkan kita untuk berbagi rasa dan saling peduli.
Dan sadarlah, bahwa kita makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri.

KITA SEMUA BERHARAP badai wabah corona ini segera berlalu, seiring kemaafan dan ampunan Allah atas segala dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Allah Ta’aala berfirman :
Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan akibat perbuatan tangan (maksiat) manusia, supaya Allah timpakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)
(QS. Ar-Rûm 30:41)

Ya Robb, Jika mulut kami terlalu kotor dengan dosa untuk merangkai do’a dan pengharapan kepada Mu, Mohon dengarkanlah jiwa-jiwa yang tidak berdosa, meminta keselamatan, kesehatan dan perlindungan MU…

Ya Robb,,, Bila dosa-dosa kami menumpuk dan virus ini adalah teguran dari MU, berilah kami kesempatan untuk memperbaiki diri setelah ini, Bukalah pintu taubat MU atas kelalaian kami… Jangan matikan kami dalam keadaan Engkau murka kepada kami….

Aamiin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!