Mempersiapkan Makam Untuk Keluarga

Mempersiapkan Makam Untuk Keluarga

Mempersiapkan Makam Untuk Keluarga sangat penting karena umur kita tidak ada yang mengetahuinya selain Allah SWT. Tak ada seorang pun yang dapat mengetahui kapan kita akan mati. Ketika ajal datang menemui kita, pada umumnya keluarga akan bingung kemana hendak memakamkan, mereka akan meminta bantuan RT, RW, tetangga atau sanak saudara untuk mecarikan makam untuk anggota keluarganya yang meninggal . Alangkah baiknya jika sebelum meninggal kita sudah membuat wasiat hendak dimakamkan dimana serta menyediakan lahan makam yang akan diwasiatkan kepada keluarga yang ditinggalkan.

 

Berikut ini tips-tips untuk mempersiapkan makam untuk keluarga:

•    Mempersiap Lahan Makam Sebelum Meninggal

•    Pilihlah Lahan Makam yang Memenuhi Syariat Pemakaman

Setelah kita mengetahui syariat pemakaman termasuk makna berziarah, hendaknya mulai memilih lahan makam yang memenuhi syariat pemakaman seperti :

  • Makam muslim tidak boleh bercampur dengan makam non musliM
  • Makam harus menghadap kiblat
  • Makam harus sederhana dan hanya terdiri dari gundukan tanah serta tidak boleh dibangun apapun di atas makam tersebut
  • Makam harus mempunyai kedalaman 1,5 m agar terhindar dari fitnah kubur dan tidak tercium oleh binatang buas
  • Boleh meletakkan batu nisan sebagai penanda agar mudah saat keluarga berziarah
  • Memilih lahan makam yang memudahkan keluarga untuk berziarah dengan khidmat dan tidak ada ganggungan dari pihak luar
  • Mempersiapkan Makam Orangtua Agar Memudahkan untuk Berziarah

 

Agar amal bakti tidak terputus meski orangtua sudah meninggal dunia, Mempersiapkan Makam Untuk keluarga terutama orangtua ditempat yang memudahkan Anda berziarah dengankhusyuk dan khidmat. Pilih lahan pemakaman yang memungkinkan Anda untuk berdoa dan bertafakur tanpa gangguan. Ajarkan kepada anak-anak Anda kebiasaan ziarah kubur sebagai salah satu tradisi keluarga dengan mengajak mereka berziarah ke makam orangtua Anda

•    Pilih Makam yang Bebas Biaya Sewa Tahunan dan Biaya Perawatan Harian

Untuk memudahkan perawatan makam serta agar makam tidak ditumpuk hanya karena Anda lupa membayar biaya sewa makam tahunan, baiknya Anda membeli makam yang bersertifikat dengan biaya perawatan sepanjang masa.

•    Hindari Tabzir dan Israf dalam Pemakaman dengan Berkonsultasi dengan Ahlinya

Membeli makam sesuai dengan fungsi dan kemampuan Anda, akan membuat Anda terhindar dari tabzir dan israf. Diskusikan dengan ulama atau mereka yang mengetahui mengenai takaran tabzir dan israf sebelum Anda memutuskan membeli makam.

 

BACA JUGA : Kavling Pemakaman di Al Azhar Memorial Garden

 

Al Azhar Memorial Garden

Pemakaman Muslim di Al Azhar Memorial Garden dibuat dengan konsep taman yang indah agar para peziarah dapat mengingat kematian. Lingkungan yang bersih, asri dan tertata rapi merupakan perwujudan dari karakter Islam yang penuh kesederhanaan dan kesucian.

 

Al Azhar Memorial Garden terletak di Karawang Timur dengan Luas 25 hektar dan bebas biaya perawatan rumput selamanya.

 

Al Azhar Memorial Garden bebas biaya perawatan rumput sepanjang masa agar makam keluarga anda tidak ditumpuk dan tidak hilang.

 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Mempersiapkan Makam Untuk Keluarga. Bagi Ayah Bunda yang berminat dan ingin survey silakan hubungi Official Marketing kami melalui telp/wa di 0856-853-4029 atau bisa juga klik banner dibawah ini untuk chat via wa.

 

Mempersiapkan Makam Untuk Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
error: Content is protected !!